Sabtu, 23 April 2011

K-On !


Pertama kali liat anime K-On! pas gw lagi nyari-nyari dvd anime di Jambu Dua Bogor, gw tertarik liat cover dvdnya yang menggambarkan cewe dengan rambut coklat lagi gaya megang gitar Gibson, setelah membaca sinopsisnya gw pun semakin tertarik untuk membelinya, sayangnya ketika gw merogoh kantong, dompet gw bolong alias duitnya kurang brother (karena dvd K-On!-nya dalam 3 cd, niat awal beli sih cuman 1cd soalnya, hehe:D). Gw pun tak berkecil hati, pulangnya gw langsung browsing dan berhasil mendapat animenya (thanx buat uploader dermawan :D). 

Anyway anime ini berkisah tentang 4 orang cewe Sma (nantinya bertambah 1 gitaris lagi) yang tergabung dalam klub musik. Cerita dimulai dengan memperkenalkan karakter utama kita, Hirasawa Yui yang baru memasuki Sma. Saat disekolah, diperkenalkanlah Tainaka Ritsu dan Akiyama Mio yang merupakan sahabat sejak kecil, disini kita diperlihatkan kalau mereka bedua telah berjanji untuk membuat klub musik dan bermimpi untuk bisa bermain di Arena Budokan (meskipun sebagian besar merupakan karangan Ritsu yang melebay-lebaykan cerita masa lalunya). Akhirnya dimulai lah pencarian anggota klub musik yang sudah akan dibubarkan tersebut. Anggota  pertamanya ialah Kotobuki Tsumugi, pada awalnya ia sudah ingin bergabung dengan klub paduan suara, akan tetapi lagi-lagi karena cerita lebay Ritsu ia pun menjadi terharu dan tertarik untuk masuk klub musik. Bertiga akhirnya mereka pun memulai untuk mengadakan perekrutan mereka lalu membuat poster yang akhirnya membuat calon anggota keempat mereka Yui datang untuk berkunjung ke klub musik.

Setelah mendapat Advisor klub, quartet band ini pun telah menginjak tahun ke dua, mereka pun bersiap-siap untuk mempromosikan klub musik kepada junior-junior baru dengan harapan dapat merekrut anggota baru. Meskipun Mio masih malu untuk menjadi vokal akibat insiden pada festival sekolah sebelumnya (tonton season 1 episode 6), akhirnya berdua dengan Yui (lupa lirik diawal nih cewe :D) bisa menyelesaikannya dengan baik. Pertunjukan mereka membuahkan hasil, dan akhirnya teman Ui, Nakano Azusa bergabung dengan klub musik.  

Selebihnya dalam anime ini mengisahkan keseharian anggota HTT dalam menghabiskan waktu, meskipun lebh sering minum teh setelah pulang sekolah seperti nama klub mereka HTT(Houkago Tea Time=Ngeteh abis sekolah). Lagu-lagu yang dibawakan oleh para personil HTT ini cukup menarik dalam segi musik dan lirik, suara para seiyu pun sangat mendukung, khususnya Yui (seiyu Toyosaki Aki) dengan suara khas ala chipmunk dan Mio (seiyu Hkasa Youko) dengan suara merdunya. Meskipun terdengar aneh ketika mendengar judul-judul lagu buatan mereka seperti Fuwa-Fuwa Time (waktu kapas), Fude pen (bolpen), watashi no koi wa hocchikisu (cintaku seperti stepler), dan nama-nama unik lainnya.

Karakter

Hirasawa Yui

Karakter utama, pemegang gitar listrik Gibson Les Paul standar yang ia beri nama "Gitaa", meskipun ia terkesan ceroboh dan kadang suka bengong, ia hebat dalam belajar satu hal, meskipun dapat melupakan hal yang lain sama hebatnya. Yui juga merupakan vokal utama di bandnya bersama dengan Mio. Yui memiliki adik bernama Ui yang biasa mengurus keperluan-keperluannya (gw jadi bingung disini mana sih yang kakak sebenarnya?). Dalam hal musik Yui sangat mahir, terbukti dengan kecepatannya dalam belajar kunci-kunci gitar dan kemampuan perfect pitch miliknya sehingga ia bisa menyetem gitar tanpa perlu menggunakan tuner dan membuat Azusa kagum.


Akiyama Mio
Pemain bass tangan kiri, ia menggunakan Bass Fender Jazz dan ikut-ikutan Yui memberi nama pada bassnya "Elizabeth". Meskipun Mio adalah orang yang pemalu dia adalah orang yang menciptakan hampir semua lirik yang dibawakan oleh HTT. Dia memiliki Fanclub sendiri dimana Nodoka sebagai ketuanya yang sekarang. 


Tainaka Ritsu
Ketua band HTT, teman sejak kecil Mio ini menggunakan drum kit Yamaha Hipgig, berbalikan dengan Mio yang pemalu, Ritsu cenderung lebih mudah terbuka dan selalu bersemangat. Dia sering pula membuat lelucon dan orang yang paling sering ia jadikan sasaran ialah Mio karena dialah yang paling gampang untuk ditakut-takuti. Meski begitu, saat melihat Mio lebih akrab dengan orang lain ketimbang dengan dirinya, ia merasa cemburu, meskipun pada akhirnya masalah ini bisa diselesaikan dengan baik oleh mereka berdua.


Kotobuki Tsumugi
Sering dipangil "Mugi" oleh teman-temannya, ia memainkan keyboard Korg Triton Extreme 76-key, ayahnya merupakan presdir perusahaan. Salah satunya memiliki toko musik tempat Yui membeli Gitaa, meskipun ia anak orang kaya, tapi ia tetaplah baik hati dan tak pernah sekalipun sombong akan kekayaannya. Seringkali ia mengajak teman-temannya ke vilanya untuk melakukan summer camp, meski ia selalu sedih hanya bisa mengajak ke vila yang kecil saja(yang gedenya kaya apa tuh vila?). Ia terkadang pula melihat dengan sisi yang berbeda hubungan antar cewe teman satu bandnya, khususnya Mio dan Ritsu (tau kan mksud gw?!hehe:D).



Nakano Azusa
 
Teman sekelas Ui, nama panggilannya adalah Azu-nyan yang diberikan oleh Yui, memainkan gitar listrik Fender Mustang yang ia beri nama Mu-tan. Meskipun pada waktu pertama kali bergabung ia merasa aneh dengan klub musik yang easy going berbeda dengan apa yang ia bayangkan, pada akhirnya ia pun bisa membaur. Ia lemah dengan kue yang manis-manis dan jika ada yang mengelus-ngelus kepalanya. Meski ia terlihat dewasa dan tegar, teteapi ia paling tidak suka kesepian dan tidak ingin ditinggal oleh senpai-nya jika sudah lulus nanti. 


Karakter Support


Yamanaka Sawako


Advisor dari klub musik dan klub musik tiup kayu. Dia juga merupakan alumnus dari Sma Sakura dan mantan anggota klub musik. Diceritakan bahwa pada awalnya ia ditolak oleh cowo yang ia suka karena dia lebih menyukai cewe yang liar, ia pun akhirnya memilih jalan death metal dan membentuk band "Death Devil". Ia dipaksa oleh Ritsu untuk menjadi advisor klub musik jika tak ingin masa lalunya diketahui oleh orang lain. Ia berbakat dalam desain dan suka membuatkan HTT kostum untuk pentas. Nickname-nya adalah Sawa-chan.


Hirasawa Ui 

Adik Yui, ia masuk Smu Sakura karena khawatir dengan kakaknya. Hal yang mengejutkan adalah ia sangat mirip dengan Yui ketika rambutnya digerai (season 1 episode 12) , ia juga bisa memainkan gitar karena terkadang Yui mengajarinya ketika sedang berlatih. Pada akhir seri ia dan Jun bergabung dengan klub musik menemani Azusa.


Manabe Nodoka

Teman Yui sejak kecil, ia adalah anggota Osis dan suka membantu  klub musik HTT saat ada festival. Pada tahun ketiga ia menjadi ketua Osis. Ia juga adalah ketua Mio Fansclub.


Suzuki Jun

Teman sekelas Ui dan Azusa, member klub Jazz, memainkan bass Yamaha Sbv500. Pada akhir seri ia dan Ui bergabung dengan klub musik.


Sakura Kou Keionbu

 

Grup band Sakura Kou Keionbu dibuat dari seiyu karakter K-On!, Toyosaki Aki (Hirasawa Yui), Hikasa Youko (Akiyama Mio), Satou Satomi (Tainaka Ritsu), dan Kotobuki Minako (Kotobuki Tsumugi). Dibentuk pada musim semi 2009 yang lalu, sama waktunya dengan ditayangkannya animenya. Taketatsu Ayana (Nakano Azusa) bergabung beberapa bulan kemudian sesuai dengan animenya.

Mereka muncul di beberapa live events sebagai sebuah grup dari anime dan bahkan menampilkan band. Salah satu event besar mereka adalah "K-On! Live Let's Go" bertempat di Arena Yokohama pada 30 December 2009. Event besar lainnya yaitu "K-On!! Live Event Come With Me!! bertempat di Arena Super Saitama pada 20 Februari 2011.


 Last Word

4 Thumbs up (plus dua jempol kaki) untuk anime ini. Meskipun anime ini mengusung musik sebagai temanya, unsur komedi yang ditampilkan pun tak kalah menariknya. Ampe abis kata-kata gw, langsung aja di cekidot animenya!!

LINK DOWNLOAD
Season 1

Via @Mediafire
Episode 1

Season 2
   

Via @Mediafire
 K-ON MOVIE CONFIRMED!!!

Pada akhir season 2, ada pengumuman movie K-On!, cihuuyy!!! Pada website ofisialnya yang diumumkan pada 20 Februari 2011, Movie K-On! akan dilepas di Jepang pada tanggal 3 Desember 2011 (waduh lama amat yah T_T).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar