Jumat, 06 Mei 2011

Waspada maling kost-kostan !!!


Gw ngepost ini soalnya uda banyak banget kejadian kayak begini di sekitar tempat gw ngekost di daerah Jatinangor. Temen gw malah uda ada 3 orang yang jadi korbannya. Yang satu motornya yang ilang, yang dua laptopnya dimaling. Temen gw motornya ilang pas lagi dipanasin tu motor, trus ditinggal bentar, ehh pas balik lagi uda ga ada tu motor. Yang laptopnya dimaling malah lebih ajaib, brur. Temen gw ampe uda kunci gembok ganda, eh tetep aja tu maling emang punya ilmu ilang nan tembus pandang atau apa, laptopnya tetep aja raib. 

Seriusan maling-maling sekarang bener-bener pinter, brur. Gw bilang mending ati-ati kalo-kalo ada orang mencurigakan tak dikenal berkeliaran disekitar kost-kostan. Mereka ga langsung gitu aja maling, mereka nargetin dulu kamar yang jadi sasaran mereka. Biasanya mereka suka dateng ke kost-kostan dengan modus :

  • Jualan atau nawarin macam2 produk seperti bubuk abate, stiker, parfum, dll;
  • Nyari seseorang di kost-an, taunya mereka asal sebut aja nama orang yang dicari;
  • Pura-pura minta sumbangan, tapi dianya sampai masuk ke kamar kostan;
  • Pura-pura jadi petugas, contohnya petugas Pln;
  • Dll.
Modus-modus diatas itu yang umum dipake, ga menutup kemungkinan berbagai modus lainnya juga dipake ama mereka. Pokoknya kita harus ningkatin kewaspadaan deh sama yang beginian, apalagi pas liburan saat-saat kostan lagi kosong-kosongnya, bisa jadi sasaran empuk tuh.

Supaya kost-kostan kita tidak dimalingin, tentunya kita bisa melakukan persiapan dan pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi, diantaranya : 

  • Selalu ingat mengunci pintu dan jendela saat keluar kamar. Kadang kalo malingnya nekat, teralis jendela pun sampai dibobol buat ngejalanin aksinya. Gorden jendela juga jangan sampai lupa ditutup agar tidak terlihat barang2 berharga yang kita miliki dari luar; 
  • Simpan dan kunci barang berharga anda dalam lemari atau tempat yang memiliki kunci. Laptop sekarang pun sudah dilengkapi dengan kuncinya sendiri. Bisa dikaitkan dengan teralis atau lemari. Kunci laptop ini bisa didapatkan di toko-toko komputer terdekat;
  • Waspadai orang-orang yang belum dikenal yang mampir ke kostan, bukannya kita mencurigai, tapi berjaga2 akan jauh lebih baik;
  • Dll.
      Moga informasi ini berguna buat kawan-kawan semua. Sory2 kalo repost, gw niatnya cuman mw mengingatkan kembali saja untuk kebaikan kita bersama. At last, selalu ingat kata-kata Bang Napi, "Kejahatan tidak terjadi hanya dengan niat dari pelakunya, tapi juga karena ada KESEMPATAN, WASPADALAH!!! WASPADALAH!!!"
       
       

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar